Friday, September 08, 2006

Shopping Center Yogya Dipindah

Komunitas pedagang buku di kawasan Shopping Center sudah melakukan pengundian tempat dan siap untuk dipindah oleh pemerintah kota (Pemkot) Yogyakarta. Sebanyak 122 pedagang buku tersebut terpaksa dipindah untuk digabungkan ke dalam area taman pintar, kawasan yang akan dikembangkan sebagai kawasan wisata pendidikan.

Harjono, koordinator shopping center, Selasa (19/7) mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dan siap dipindah pada 27 Juli mendatang. Berdasarkan pertemuan yang telah dilakukan, semua pedagang mendapatkan jatah sesuai dengan hasil pengundian.

Dikatakan, seusia dengan ketentuan dari pihak pemerintah setempat, para pedagang akan dikenakan harga sewa per 20 tahun. Mengenai harga masing-masing kios akan berfariasi sesuai dengan lokasi kios. Untuk kios yang strategis dikenakan harga yang lebih mahal.

“Harga yang ditawarkan pihak Pemkot Yogyakarta bervariasi mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 35 juta. Kita bisa menerima tawaran harga tersebut, karena kita menganggap harganya masih wajar.”

Harjono menambahkan, harga sewa yang dikenakan para pedagang tersebut bisa diangsur selama dua tahun, dengan ketentuan 50 persen per tahun. “Dengan mebayar uang sewa itu kita memunyai hak menempati kios selama 20 tahun. Setiap bulannya, kita masih dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu untuk keamanan, kebersihan dan pemeliharaan,” katanya.(sulistiono)

No comments: